Mensiasati kredit mobil agar lebih murah

Pernah kredit mobil? Ternyata masih ada celah untuk mengurangi biaya-biaya tambahan apabila kita mengajukan kredit mobil. Selain Down Payment (DP), cicilan pertama, biaya administrasi, anda biasanya dikenakan premi asuransi.

Dari pengalaman saya hampir 80% orang yang mengambil kendaraan lewat leasing atau jaminan bank hanya mengetahui bahwa kewajiban asuransi adalah satu paket dengan pengajuan kredit kendaraan. Padahal kalau kita mengasuransikan sendiri tentu biaya asuransi bisa lebih murah dan bisa dibayar per tahun. Bayangkan bila kita mengambil mobil kredit selama 3 tahun seharga 100 juta dipersyaratkan asuransi all risk, dengan rate 3% premi yang harus kita bayar sekaligus adalah sekitar 9 juta!

Sebenarnya ada klausula khusus penanganan asuransi yang disebut “banker’s clause” atau “leasing clause” yang membolehkan nasabah mempunyai asuransi sendiri asalkan dilekatkan klausula tersebut. Klausula tersebut menyatakan apabila terjadi apa-apa terhadap kendaraan yang diasuransikan, pihak leasing atau bank mempunyai hak pertama untuk memdapatkan indemnity dari perusahaan asuransi. Contoh apabila kendaraan hilang, maka kepada pihak leasing dahulu dibayarkan klaimnya, baru sisanya diserahkan kepada tertanggung.

Dengan mengasuransikan sendiri, kita mungkin mendapat discount dan premi bisa dibayar setahun-setahun. Apabila dengan contoh diatas, mungkin yang harus kita sediakan kurang dari 3juta.

About these ads

6 responses to this post.

  1. Posted by Willy Juisan on November 30, 2008 at 10:42 am

    Halo Pak Henry Mea, bisakah bapak jelaskan lebih detail prosedur step by step kredit mobil yg murah? Yang saya tangkap dari tulisan bapak ini, jika kita kredit mobil yg harganya 100 juta selama 3 tahun, jika dengan asuransi dari leasing maka cicilan perbulan bs mencapai 9 juta-an, tapi jika dengan asuransi dari kita sendiri maka perbulan bs menjadi 3 juta-an, apa itu benar pak?
    Apa 3 juta itu sudah termasuk membayar premi asuransi mobil juga? Mohon bs memberi penjelasan yg lebih detail pak. Kalau bs sekalian share leasing apa saja yg bagus dan recommended untuk kredit mobil. Saya tunggu penjelasannya ya pak.

    Terima kasih banyak.

  2. Posted by Henry Mea on Desember 4, 2008 at 4:34 pm

    Thanks pak Willy,

    Yang sayang maksud BUKAN cicilannya jadi murah pak, tetapi premi yang dibayar di depan, yang menjadi bagian dari DP, akan jadi lebih ringan. Misalkan DP seharusnya 15% plus asuransi yang dibayar sebesar 9 juta tadi, jadi hanya 15% DP plus asuransi hanya 3 juta saja. Jadi tidak ada hubungan dengan cicilan kreditnya pak. Memang ada sih leasing yang dalam hitungannya memasukkan komponen premi dalam cicilan kredit tetapi itu sebenarnya trik marketing saja karena dalam practice-nya sendiri premi selalu dibayar dimuka pada pihak asuransi.

    Leasing yang bagus menurut saya sih ACC ya pak. Bank Niaga juga bagus, tapi nggak tau deh sekarang sesudah akuisisi.

  3. Posted by randy on Desember 4, 2009 at 5:04 pm

    mohon petunjuk mas .kira kira kalo saya mau ambil mobil inova 2009 dengan uang muka sekian saya dapa cicilan per bulanya berapa

  4. Posted by Lily on Maret 25, 2010 at 4:52 pm

    pak mau tanya, mengenai asuransi yang kita urus sendiri. asuransi apa saja pak, dan apakah cara aplikasinya mudah? terimakasih

  5. Posted by yanna on September 5, 2010 at 11:36 am

    Pak, sy memang rencana leasing mobil dgn cari asuransi sendiri krn saya agent allianz. tp banyak leasing tdk boleh kita pakai leasing sendiri. Mitsui rate murah, tp asuransi nya mahal. boleh dapat info leasing yg pakai asuransi allianz, dan ada lagi yg bayar asuransi nya bisa ikut dicicil atau bahkan bisa tahunan.

    terimakasih buat infonya

  6. ada gak lesing mobil memberi bunga cicilan dalam 2tahun sama asuranci 4%pertahun,dp 50%bila ada

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: