Kontroversi agama tidak akan pernah berakhir

Hari ini saya baca banyak tentang forum indonesia di faithfreedom.org. Saya juga baca sanggahan dari beberapa blog yang anti dengan website itu. Saya juga pernah membaca blog-blog dan forum dari kalangan Kristen. Saya jadi terpanggil menulis ini.

Saya sendiri penganut Kristen. Saya heran sekali kenapa kita berdebat tentang agama yang tidak akan ada habisnya. PERCAYALAH, kontroversi ini nggak akan pernah berakhir. Saya nggak mau berpihak pada orang Kristen yang menjelek-jelekkan agama lain. Saya juga nggak mau terlibat perdebatan kelompok dari faithfredom.org atau komentator dari agama lain.

Saya nggak punya keberanian seperti itu. Ya, saya nggak punya keberanian menyanggah agama lain ataupun menjelek-jelekkan agama lain. Itu bukan hak saya. Mengapa kita kita tidak menyerahkannya pada TUHAN Yang Maha Kuasa atau lebih ekstrim lagi, kenapa tidak kita tunggu hari kiamat dimana semua kebenaran itu terbukti? Apa anda tidak menyesal apa yang anda bela ternyata sia-sia dan malah menambah hukuman? Kalau saya nggak bakalan mau.

Kalau kita bersikap seperti ini, tentulah akhirnya kita menyadari bahwa agama sebenarnya hubungan pribadi kita dengan Tuhan kita masing-masing. Agama benar menurut pandangan kita masing-masing. Tidak perlu memaksakan pada orang, apalagi dengan cara kekerasan.

Baiklah kita semua, khususnya kita orang Indonesia, janganlah terpancing dengan berbagai hal yang merusak kebangsaan kita yang majemuk ini. Jangan sampai kita dirusakkan oleh orang-orang lain yang menggunakan agama untuk tujuan politik (ini yang saya khawatirkan).

Buat pemeluk agama lain, yuk kita ingatkan saudara-saudara kita untuk bersikap lebih arif tentang masalah ini.

Buat pemeluk Kristen, janganlah menjelek-jelekkan orang lain. Sudah jelas menurut alkitab itu salah.

15 responses to this post.

  1. henrymea…

    Anda orang baik, Indonesia dan dunia butuh orang seperti Anda agar hidup ini lebih ‘nyaman’ buat semua orang …

    Tetapi di dunia ini ada segelintir kaum elite yang senang dengan adanya pertentangan antar Umat beragama …

    Apa yang terjadi SEKARANG adalah sebagian dari ‘aksi’ mereka.

    Anda boleh percaya atau tidak, tetapi itulah sedikit info yang saya ketahui …

    Saya sendiri beragama Islam…

    Salam;

  2. Thanks Mas Adji,

    Mari kita bersatu untuk Indonesia, biarlah agama HANYA urusan kita pribadi dengan TUHAN.

    Senang ada kawan-kawan yang bisa memahami hal ini.

  3. SETUJU…agama adalah urusan pribadi kita dengan TUHAN kita sang MAHA ESA dan MAHA KUASA,tiada orang yang boleh mencampuri dan menghalangi.
    Toleransi dan open minded, kita(orang Indonesia) perlukan.
    Salam damai…TUHAN berkati

  4. SEANDAINYA PEMELUKA AGAMA LAIN SEPERTI ANDA ALANGKAH INDAHNYA INDONESIA INI

  5. Posted by mugi on September 3, 2010 at 11:51 am

    tanpa harus melihat atau berjabat dengan saudara Henry saya sudah percaya klo sampeyan bijak. kita ga saling kenal tapi tulisan anda mengantar pada persudaraan dan kerukunan. saya stuju ga perlu bagi kita orang yg mengaku umat beragama membawa topik perdebatan tentang agama yg notabene adalah merupakan dasar pembenaran yg berbeda. cukup menjadikan semua manusia berfikir bahwa smua manusia pasti punya cita2 mnjadi orang baik dimata sesama dan terutama Tuhan. Insya Allah orang seperti anda akan selalu di lindungi. Salam dari saya .

    SAUDARA MUSLIM

  6. Saya setuju dengan pendapat bapak..
    misalkan kita komputer agama adalah instalasi dasar kita.., misal kita di instal windows kita akan baek menggunakan program yang mendukung OS windows., begitu juga jika instalasi dasar kita adalah linux ya kita akan baek dengan program program yang mendukung linux.. memang benar progarm linux tidak akan baek untuk windows, begitu juga sebaliknya.. jadi jika kita menilai linux dari windows ya tidak akan bawek..
    begitu juga pada agama..
    sayangnya banyak yang tidak memahami itu ataupun tidak mau memahami itu..

  7. \(^_^)/ yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee . . . . .
    aku setuju bgttttttttttttttt sama bapak Henrymea..,
    sesungguh nya agama itu bukan buat d PERDEBAT kan.,melainkan untuk d AMAL kan…karna itulah keyakinan..dan saat keyakinan terberat sebagai manusia sebagai mahkluk yg d beri akal pikiran sebagai fungsi dari SPIRITUAL..sedangkan ibadah yg kita lakukan sebagai RITUAL nya..kesimpulan nya menurut aku klo SPIRITUAL tu dari Keyakinan yang bentuk nya ABSTRAK tpi bisa kita rasain.,n tpi kita juga wajib nglakuin RITUAL nya yg merupakan dari IBADAH yg merupakan aktivitas RAGA,sedangkan SPIRITUAL = KEYAKINAN merupakan aktivitas dari JIWA..
    maap yah pak.?klo ada salah salah dari saya ini.,mohon bimbingan dari bapak klo saya jg masih ada salah salah yah pak.. =(^_^)= hhehehe

  8. Mantappp..! Semoga kita terutama bangsa Indonesia tidak mudah masuk dalam Mind Game yg menguntungkan pihak2 tertentu..

    Powered by Telkomsel BlackBerry®

  9. magnificent issues altogether, you simply received a emblem new reader.
    What might you recommend about your put up that you made a few days in the
    past? Any certain?

  10. I do not believe I have it in me to keep up with maintaining
    a website like this! Wonderful piece of work and I really would like to see you keep it
    up.

  11. Thanks for the beneficial information and facts, it was a pretty
    good post. I’ll check it much more later and transfer it along to a couple of of my buddies that might be pleased

  12. I really blog as well and I’m crafting a thing related to this blog post, “Kontroversi agama
    tidak akan pernah berakhir | Henry Mea Blog”.
    Will you care in case Iemploy a bit of of your personal ideas?

    Regards ,Staci

  13. just dropped by to learn about this site. It appears really cool and I had a good time reading it, thank you very much for the helpful information!

  14. Wonderful beat ! I wish to apprentice whilst you amend your web site, how
    can i subscribe for a weblog site? The account helped me a appropriate deal.
    I had been a little bit familiar of this your broadcast provided shiny clear concept

  15. It’s enormous that you are getting thoughts from this post as well as from our argument made here.

Tinggalkan Balasan

