Orang Indonesia, bangkitlah!

Ekonomi dunia katanya lagi dilanda krisis keuangan yang cukup hebat. Dampaknya katanya sampai ke Indonesia. Semua itu rentetan seperti efek domino yang ujungnya ke rakyat Indonesia, khususnya rakyat miskin. Apa yang harus kita lakukan?

Rasanya harus mulai dari diri kita masing-masing. Contoh paling simpel, hematlah listrik. Kurangi pemakaian BBM yang tidak perlu, lebih banyak belajar dan memahami orang lain, jangan menuntut lebih. Kalau mau lebih, lakukanlah sesuatu yang lebih. Pokoke semuanya soal attitude. Aku sedang melakukan itu dan banyak orang sedang melakukan ini, ayo, MARI TERLIBAT.

Bayangkan apabila rumah mau mengurangi penggunaan listriknya 20 watt saja satu hari, berapa penghematan negara?

Kalau satu kendaraan saja mengurangi perjalanan yang tidak perlu dengan kendaraan pribadi, berapa banyak BBM yang tidak perlu disubsidi negara?

Kalau setiap pekerja tidak menuntut upah lebih tetapi mengerjakan yang merupakan bagiannya, dan bersiap-siap membuka usaha baru kalau tidak puas dengan pekerjaan sekarang, berapa banyak terbuka lowongan baru bagi pengangguran?

Intinya, mulai dari diri kita. Kita kerja keras untuk diri kita sendiri tetapi dengan tepa selira dengan orang lain. Jangan ikut-ikutan terpancing pendapat orang tetapi teliti dahulu. Dukung pemerintahan yang sah, dukung presiden-nya, soal kita nggak sreg, kan ada pemilu selanjutnya. Kalaupun jagoan kita tidak terpilih juga, toh itu pilihan sebagian besar rakyat. Siapapun dia, harus kita dukung, dengan solusi tentunya, bukan kritis yang tidak punya solusi.

Ayo friends, bersatu nafaslah kita. Bukankah kita ingin Indonesia seperti yang tertera dalam Preambule Undang-Undang Dasar kita?

Semua perangkat hukum kita punya, yang tidak kita punya itu niat dan semangat nasionalisme. Nasionalisme menurutku artinya segala yang ku lakukan demi orang-orangku (bangsaku) juga. Banyak yang mementingkan diri sendiri dan golongan atau kelompoknya saja, biarlah, kalau kita bersatu, mereka akan tersingkir dengan sendirinya. KPK ada, pemerintahan yang mulai lebih baik ada, adalah hasil dari suatu proses yang dilakukan orang-orang baik di negeri ini.

Percayalah masih banyak orang-orang yang punya niat tulus di negeri kita. Bahkan oknum-oknum pun akan berusaha berbuat (tampil) baik toh?

Semoga nasionalisme kita bangkit. Ingin rasanya seperti bangsa Jepang, China, Korea yang sukses karena mereka mencintai bangsanya sendiri. Tahu kan cerita soal petinggi Mercedes Benz yang mencak-mencak karena orang China bisa buat tiruan mercy dengan ongkos yang lebih murah. Dulu orang-orang Malaysia belajar ke Indonesia dalam banyak hal, sekarang mereka jauh lebih maju dari kita.

Semua ini pasti sulit tetapi kenapa tidak mulai dari diri kita sendiri? Jangan lupa kita dulu adalah bangsa yang besar. “Indonesia Bangkit” pastilah bukan wacana belaka!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: