Coba Linux Favorit Pakai VirtualBox

Udah banyak baca-baca artikel tentang linux. Jadi gatel pengen nyoba. Akhirnya dengan berbekal software Sun VirtualBox, beberapa distro linux dicobain. Karena pakai virtual PC, yang dicoba pertama kali tentu saja distro yang memakan harddisk paling kecil.

Setelah coba sana-sini, akhirnya terpilihlah tiga distro favorit: Puppy Linux, Slitaz dan Ubuntu 7.04.

Yang paling mudah dalam pen-setting-an adalah Ubuntu. Jujur aja tampilan awalnya saja sudah menggoda. Sama sekali nggak perlu mikir (kayak iklan XL) waktu proses instalasi, semua hardware yang terpasang bisa dengan mudah dikenali. Tinggal setting modem aja yang belum dicoba. Distro ini sudah layak menggantikan Windows XP. Dulu pernah juga nyobain Redhat versi 9 sewaktu belum ganti menjadi Fedora, berasa banget ribetnya makanya dulu walau sempat buat partisi khusus buat linux ini, akhirnya dihapus juga karena waktu itu sepertinya “nggak ada gunanya”. Tetapi dengan Ubuntu walau baru nyobain versi 7.04, udah nyaman banget rasanya. Apalagi sekarang OpenOffice.org 3.0 sudah mumpuni untuk menandingi Microsoft Office apalagi dengan pemakaian standard.

Puppy Linux, ini distro sudah kecil powerful banget. Nggak nyesel kalau diinstal ke harddisk karena dalam releasenya sendiri dalam bentuk LiveCD. Sedikit bantuan google sudah bisa setting beberapa hardware yang awalnya belum bisa dikenali. Dukungan komunitasnya cukup banyak.

Slitaz? Ini distro yang terkecil yang sudah lebih dari cukup kalau sekedar pengen memakai dan belajar linux. Recommended banget buat yang punya space kecil. Settingannya pun mudah.

Jangan lupa virtual machine-nya VirtualBox ini gratis dan cukup bagus. Ini kayaknya komponen wajib buat anda yang punya satu kompie tapi pengen nyobain banyak (hehe.. poligami). Mendukung bermacam host OS seperti Windows dan Linux. Dua jempol deh buat VirtualBox. VirtualPC punyanya Microsoft pun langsung aku buang setelah nemu software ini.

Kuta-kutik lagi ah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: