Mengenal Linux bagi Pengguna Windows

Sorry, ini tulisan bukan dari orang yang emang pakar Linux, tapi hanya hasil pengalaman sendiri menggunakan Linux, yang coba aku rangkum dalam tulisan yang jadi FAQ (Frequently Ask Questions) aku dalam pengalaman memakai Linux.

Okey, kita mulai dari yang sangat basic yang jarang dijelaskan oleh pakar komputer, khususnya pakar Linux. Linux sebenarnya adalah sebuah kernel atau inti dari sistem operasi, jadi bukan sistem operasi. Sistem operasi Windows sendiri mempunyai kernel yang dikenal sebagai kernel win32. Nah, dari kernel itulah dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk suatu sistem operasi. Sistem operasi yang menggunakan Linux sebagai kernelnya ini dibuat oleh berbagai badan dan komunitas sehingga orang sering menyebutnya distro. Distro-distro berdasarkan kernel Linux ini antara lain Debian, Slackware, Redhat, Mandriva, dan masih banyak yang lain. Dari distro-distro ini juga ada turunan-turunannya. Seperti Ubuntu yang merupakan turunan dari Debian, akibatnya tercipta ratusan sistem operasi yang menggunakan kernel Linux ini.

Seperti kernel win32 yang punya 1 distro yaitu Windows yang selalu mengalami pembaruan antara lain mulai dari Windows 98SE, Windows XP, sampai yang sekarang Windows Vista, di distro Linux pun juga selalu ada pembaruan. Contohnya distro atau sistem operasi Ubuntu kita mengenal ada versi 7.04, versi 7.10, versi 8.04 LTS, dan yang terakhir 8.10. Perbedaan distro inilah yang kadang membuat instalasi suatu software agak membingungkan pengguna. Mungkin ini agak bisa dipahami pengguna, tetapi apabila berbeda distro, seperti contohnya suatu program dengan paket rpm kepunyaan Redhat, orang bingung bagaimana cara menginstallnya di Ubuntu.

Oke lanjut. Pada awalnya Linux adalah sistem operasi yang banyak digunakan untuk server, sehingga dengan menggunakan command line (seperti masa kita menggunakan DOS) sudah cukup. Seiring dengan perkembangannya untuk penggunaan perorangan atau sering diistilahkan desktop, Linux perlu tampilan antar muka yang mumpuni. Disini kita mulai mengenal Gnome, KDE atau Xfce dan masih banyak lainnya sebagai lapisan untuk tampilan desktop (desktop environtment). Karena kadang karakter desktop environtment ini spesifik, beberapa software juga hanya bisa jalan di desktop tertentu seperti Konqueror yang memang hanya dibuat untuk lingkungan KDE. Beberapa software untuk kemudahan menggunakan huruf k atau g didepan nama software nya untuk membedakan software tersebut untuk desktop yang mana, contohnya gppp untuk desktop gnome dan kppp untuk desktop KDE.

(bersambung…)

5 responses to this post.

  1. Posted by islamarket.net on April 10, 2009 at 9:36 pm

    linux itu seringnya pake run. kalo di windows tinggal klik next next next dan next next next. jadi deh!

  2. Posted by Andriy on April 10, 2009 at 10:37 pm

    saya tunggu sambungannya, oms
    salam kenal juga
    dari pure Windows user (smile)

    saya katrok banget kalo pake Linux dan sebangsanya

    regards

  3. saya baru beberapa bulan pake linuxmint, anak bagus , gampang…
    windows sekarng udah nganggur.
    yang pasti, program2 di linux itu halal semua,
    nggak kayak waktu pake windows, semuanya bajakan…

  4. Posted by realsifo777 on April 17, 2009 at 1:09 am

    linux adalah os yang hebat. saya lama menggunakan windows dan tampilannya yang menggunakan gui (bergambar) dan mengganggap tampilan teks di dos itu rumit sekali bahkan ga pernah menggunakannya karena percuma. setelah mengenal linux, ternyata perintah yang berupa teks itu sangat ajaib. kita bs melakuakan apa saja dengan hanya menggunakan perintah teks. wow, keren banget deh. pengguna windwos yang baru mencoba linux dan baru belajar perintah teks di linux pasti akan senang, karena sangat ajaib dan menantang. bayangkan kita bisa memutar mp3 dengan hanya menggunakan perintah teks wow ajaib banget. yup and masih banyak hal lainnya yang penuh kejutan di perintah teks di linux. dijamin deh kita akan tersenyum lebar.

  5. Hacking pakai linux akan lebih gampang and pengaruhnya bisa kita perbesar sesuai kemampuan kita, tapi kalo pake windows sangat terbatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: