Menghitung KPI Tenaga Pemasaran

KPI atau Key Performance Index adalah suatu parameter-parameter yang dibuat guna mengukur performance suatu tim bahkan perorangan.

Tenaga Pemasaran atau seringkali disebut staff marketing atau account officer bahkan sekarang sudah digunakan istilah2 yang lebih keren bahkan prestise seperti business relation officer, relationship manager, account manager. Kadangkala orang awam bahkan manager marketing pun sering mengganggap marketer sama dengan salesman. Padahal ini berbeda. Tapi yang pasti, sales adalah bagian dari marketing.

Kalau anda baca artikel saya sebelumnya, “doing the right things” atau “doing things right” saya bisa beri gambaran kalau salesman itu lebih tepat menggunakan istilah “doing things right” sedangkan marketer lebih tepat menggunakan istilah “doing the right things”. Bingung ya? Hehe.. Lanjut aja dulu deh, wong lagi bahas KPI koq..

Hampir dipastikan omset penjualan merupakan tolak ukur utama dalam menghitung KPI seorang marketer. Namun bobotnya berbeda-beda. Biasanya, perusahaan yang berorientasi production (ingat marketing orientation?) KPI 90-95% menggunakan parameter omset.

Perusahaan yang berorientasi proses biasanya menerapkan parameter KPI dibawah 50% untuk omset. Biasanya ini cocok buat perusahaan yang sudah outstanding dengan kinerja pertumbuhan yang stabil dan berada di kurva puncak.

Sedangkan buat perusahaan yang baru tumbuh biasanya menggunakan KPI untuk omset sekitar 60-70%.

Selain omset, parameter lain yang sering diukur adalah tingkat pertumbuhan, intensitas kunjungan, penambahan new customer, volume penjualan, leadtime process dan absensi. Walau absensi sudah jarang digunakan dalam KPI tapi masih ada loh yang menggunakan.

Jadi, semua tergantung kebutuhan perusahaan dan orientasinya. Just info, perusahaan dengan orientasi customer selalu mempunyai kriteria KPI yang unik! Pengen tahu contohnya? Pengeeen. Hehe… berarti perusahaan anda belum customer oriented dong ya?😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: