Review Samsung Galaxy Tab 3 8.0

Setelah seminggu lebih mencoba akhirnya saya ingin berbagi pengalaman saya tentang Samsung Galaxy Tab 3 8.0

Sebelum saya beli tablet ini saya sudah mengincar Ipad Mini Wifi 16GB karena budget saya sekitar angka 4 jutaan. Hitungan saya, kalau punya Ipad Mini saya juga harus membeli smartphone android dual SIM, secara smartphone ini b7sa hotspot tethering guna mensuplai koneksi internet ke Ipad Mini.

Nah satu bulan searching kendalanya justru mencari Smartphone Android Dual SIM yang paling cocok, maklumlah harapannya terlalu tinggi dengan budget terbatas.

Eh selagi menjelang deadline beli (he-eh..) tiba-tiba baru sadar ada tablet Samsung Galaxy Tab 3 8.0 dengan ukuran layar seperti Ipad Mini dengan budget yang sama tetapi spek-nya jauh diatas Ipad Mini.

Dari dulu saya tidak pernah tertarik membeli Samsung Galaxy Tab. Alasan utamanya soal layar 7 inchi yang terlalu kecil buat tablet (sampai sekarang saya masih heran koq ini katanya sesuai survey pasar), sedangkan 10.1 inchi terlalu besar untuk dibawa-bawa.

Dulu pernah sih Samsung keluarin Tab ukuran 7.7 dan 8.9, namun saat iyu sih saya sudah terlanjur beli ZTE Light Tab 2.

Kembali ke Galaxy Tab 3 8.0 hal yang pertama yang memuaskan adalah ukuran layarnya. 8 inchi sangat tepat buat yang suka berselancar internet dengan tampilan desktop. Ukuran ini juga pas untuk baca ebook baik dalam format epub maupun 9df karena ukuran font nya nyaman. Kalau ada teman yang bilang umur pengaruh, yah what ever lah..hehe.

Yang kedua, RAM 1.5GB sudah sangat leluasa untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang butuh memori banyak. Ditambah lagi Processor yang digunakan adalah Samsung Exynos 4212 Dual Core 1.5Ghz dengan GPU Mali-400MP rasanya sudah cukup untuk menjalankan device ini dengan smooth. Saya bikan pecinta game, jadi spek ini sudah cukup.

Adalagi yang bilang layarnya bukan IPS dan tidak menggunakan Gorilla Glass, buat apa? Saya tidak lihat perbedaan yang signifikan, kebetulan istri pakai Smartfren Andromax-i, malah terlihat layarnya lebih bagus Samsung.

Yang ketiga, fitur multimedianya cukup bagus. Kamera 5MP nya cukup bagus dipakai bila dibandingkan dengan kamera 5MP buatan vendor lain sekalipun tidak ada flash. Suara yang keluarpun mantap karena dilengkapi fitur Dolby Surround.

Yang keempat, konektivitasnya cukup lengkap. Bisa dipakai teleponan, walau agak kurang nyaman sih kalau terima telepon. Namun cukuplah kalau tablet ini dipasangi kartu SIM secondary, jangan nomor telepon utama, dijamin repot dan dianggap aneh oleh orang-orang.

Selain konektivitas standard seperti HSDPA, Wifi, Bluetooth, tablet ini juga bisa menggunakan kabel USB OTG sehingga kita bisa menyambungkan flashdisk langsung menggunakan kabel ini. Sayang dalam paketnya kabel USB OTG tidak disediakan.

Juga ada port infrared yang hampir jarang dipasang padasmartphone terkini kecuali yang tergolong high-end. Saya sendiri merasakan manfaat port infrared ini saat remote TV ngumpet entah dimana, aplikasi Peel Smart Remote yang terhubung dengan port ini dengan mudah sekali langsung bisa dimanfaatkan.

Hal lain yang bisa dijadikan keunggulan dari Samsung Galaxy Tab 3 8.0 ini adalah beberapa aplikasi pre-installed cukup bermanfaat seperti Polaris Office, Paper Artist, S Memo, S Planner. Beberapa tidak ada manfaatnya jadi saya force close atau turn-off kemudian di hide.

Okey sekarang saya bahas beberapa kekurangannya.

Baterainya ternyata non-removable. Jadi terbayangkan repotnya bila ada masalah dengan baterainya? Saya baru sadar saat tablet ini di-unpacking. Semoga baterai tidak kenapa-kenapa yah.

Tidak ada flash buat kamera dan LED notification saya masukkan sebagai kekurangan. Harusnya dengan harga 4 jutaan penambahan fitur ini rasanya tidak akan merugikan Samsung.

Lainnya? Just so-so seperti smartphone Android pada umumnya.

Oh ya untuk yang baca review ini harus sudah pernah pengalaman memakai android yah, kalau engga pasti banyak yang jadi pertanyaan deh.

Tinggalkan Balasan

