Buruh itu manusia, yang lain?

Baca tentang demo buruh beberapa hari lalu bikin hati gregetan.

Trus barusan baca trit di kaskus tentang pembelaan pada buruh membuat saya jadi tambah greget. Kenapa saya tidak sependapat dengan serikat2 buruh itu?

Saya karyawan, yang secara tidak langsung diuntungkan dengan kenaikan upah minimum, tapi tidak terpikir tuh naik upah dengan cara2 seperti itu. Buat saya, naik gaji itu harus ada timbal baliknya, harus tunjukin prestasi. Kalau sudah berprestasi tidak kunjung diperhatikan juga? Itu lain cerita, mau gak mau ganti alamat kantor.

Jadi kalau buruh – yang kebanyakan tidak punya skill – menuntut upah lebih, dasarnya apa? Biaya hidup yang tinggi? Tidak cukup beli baju, rumah, makan di mall? Butuh beli kulkas, pulsa, motor, liburan?
Anda keterlaluan.

Pendapat saya, kalau upah buruh kecil, JANGAN JADI BURUH!

Kalau anda merasa perusahaan untungnya besar dan semakin besar, memang begitulah hakikat perusahaan, makanya hanya SEDIKIT ORANG yang punya mental baja yang mendirikannya yang bisa menikmatinya.

Kalau anda merasa upah anda dan teman2 anda terlalu kecil di perusahaan itu, ya keluar saja. Pasti mereka kalang kabut kalau memang butuh anda. Kenyataannya, anda tidak berani keluar kan? Karena anda tahu anda tidak bisa apa-apa. Satu-satunya cara adalah menuntut ke pemerintah menetapkan upah minimum yang secara logis bisa menutupi biaya hidup anda.

Untuk pemerintah, khususnya DKI, saran saya jangan naikkan lagi upah minimum regional. Biarkan sampai provinsi lain lebih tinggi dari DKI, sehingga buruh2 ini akan keluar dari Jakarta. Tapi biaya izin usaha juga di tinggikan supaya jangan banyak lagi pabrik- berdiri di ibukota.

Masih banyak pekerja2 lepas yang hidupnya bukan dari upahan, tapi dari komisi, persenan, borongan, dll. Terlihat kan ego buruh ini?

Kapan mau ajari bangsa ini untuk berjuang? Harusnya bekerja jadi buruh sifatnya hanya SEMENTARA sambil mencari kesempatan di tempat yg lebih baik.

BURUH, atau serikat buruh seperti ini tidak akan pernah puas dengan berapapun yg mereka terima. Itu pasti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: